Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1439 Hijriyah "Meraih Taqwa Melalui Kerjasama dan Karya yang Optimal pada Seluruh Civitas Akademik Universitas Suryakancana"

Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1439 Hijriyah "Meraih Taqwa Melalui Kerjasama dan Karya yang Optimal pada Seluruh Civitas Akademik Universitas Suryakancana"

CIANJUR-Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1439 Hijriyah, Rektorat Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur menggelar acara silaturahmi civitas akademika dan pimpinan lima fakultas, Selasa (15/5). Acara dengan tema 'Meraih Taqwa Melalui Kerjasama dan Karya yang Optimal pada Seluruh Civitas Akademika Unsur' diisi dengan tausiyah dari ustadz KH Rukman dan dilanjutkan dengan musofahah.
Rektor Unsur Prof Dr H Dwidja Priyatno dalam sambutanya mengatakan, silaturahmi menjelang bulan suci Ramadhan rutin dilaksanakan pihak Rektorat Unsur. Lewat silaturahmi kinerja dan rasa persaudaraan diantara civitas akan semakin erat terutama menghadapi bulan puasa. "Silaturahmi sangat penting dengan harapan bisa menambah pula kinerja seluruh karyawan Unsur untuk lebih meningkat lagi," kata Rektor dihadapan civitas di Aula Perpustakaan Unsur.
Ustadz KH Rukman dalam tausiyahnya mengungkapkan betapa besar nilai pahala ibadah di bulan Ramadhan, maka untuk itu siapapun jangan menyia-nyiakannya. Tahapan nilai dalam menjalankan puasa mulai dari shalat tarawih hingga berbuka puasa pahalanya sangat banyak. "Nilai ibadah di bulan Ramadhan, semua harus bernilai ibadah," terang Rukman.
Nilai ibadah itu mulai dari jelang Ramadhan seperti dicontohkan Rasulullah SAW yakni mulai dari shalat sunat Tathawwu' (shalat sunnah) atau shalat sunat Tanbih (Taraweh), yang tidak bisa dilakukan di luar Ramadhan. Selain itu juga di bulan penuh rahmat, magfirah dan ampunan ini juga harus bisa memanfaatkan rizki yang baik. "Kalau bisa diakhir Ramadhan kalau punya kelebihan rizki berangkat berumroh," ungkapnya.
Begitu juga dalam menjalankan shalat sunat juga mengamalkan surat Al-quran satu malam satu juz, seperti yang tertuang dalam kitab Turoh. "Juga perbanyak amal-amalan ibadah seperti salah satunya salat sunat witir," jelasnya.
Pada bulan Ramadhan juga setelah Tarawih harus menyegerakan tidur, menjaga keluarga untuk makan sahur sebagaimana Rasulullah SWA juga mulai dari membangunkan istrinya Siti Khodijah dengan adab yang baik. "Sahur sunat diakhirkan dan memakan makanan yang sehat dan buah-buahan, setelah imsak lalu shalat subuh karena lebih utama amalanya," tambahnya.(nanang/sidik)
---------