Unsur Halal Bilhalal Lebaran 1439 Hijriyah

Unsur Halal Bilhalal Lebaran 1439 Hijriyah

CIANJUR-Usai pelaksanaan bulan suci Ramadhan 1439 Hijriyah, Rektorat Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur menggelar acara Halal Bilhalal civitas akademika dan pimpinan lima fakultas, Sabtu (23/6). Acara dengan tema 'Meraih Taqwa Melalui Kerjasama dan Karya yang Optimal pada Seluruh Civitas Akademika Universitas Suryakancana' diisi dengan tausiyah dari ustadz H Muhammad Ramdhan, S.Sy dan dilanjutkan dengan musofahah.
Rektor Unsur Prof Dr H Dwidja Priyatno dalam sambutanya mengatakan, Halal Bilhalal usai bulan suci Ramadhan seluruh civitas dilaksanakan pada tingkat Rektorat Unsur. Lewat Halal Bilhalal harus saling memaafkan untuk menambah rasa persaudaraan dan semakin mempererat usai pelaksanaan puasa. "Lewat Halal Bilhalal diharapkan bisa meningkatkan silaturahmi usai melaksanaan puasa sebulan penuh, ini sangat penting dengan harapan bisa menambah pula kinerja seluruh karyawan dan civitas Unsur," kata Rektor pada acara Halal Bilhalal yang dilaksanakan di Aula Perpustakaan Unsur.
Ustadz H Muhammad Ramdhan, S.Sy dalam tausiyahnya mengungkapkan lewat Halal Bilhalal tentunya untuk mempererat rasa persaudaraan. Terkait perbedaan kalimat Minal A'idzin Walfaidzin, tidak usah dipersoalkan karena bisa dimulai dari kalimat awalnya hingga yang terakhir. "Minal Aidin wal Faizin atau Taqobbalallahu Minna Waminkum? Ini juga uapan selamat Idul Fitri yang benar, tapi semua juga benar," ungkapnya.
"Ketika merayakan hari kemenangan itu, lazim juga digunakan istilah Minal Aidzin wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin. Minal Aidzin wal Faizin merupakan suatu doa yang berarti 'semoga' termasuk orang-orang yang kembali suci atau fitrah dan termasuk orang-orang yang beruntung," ungkapnya lagi.
Begitu juga untuk penggunakan kata Halal bi Halal. Ditinjau dari segi bahasa, Halal bi Halal berasal dari kata halla-yahullu atau hallala yang berarti membuka, mengurai tali atau benang kusut. Sehingga Halal bi Halal diharapkan dapat menjadikan hubungan yang sebelumnya tertutup, kusut, dan keruh menjadi terbuka dan terurai kembali.
"Halal bi Halal bisa juga berasal dari kata Halal bil Halal yang artinya halal dengan halal. Dengan Halal bi Halal semoga terjadi saling mengikhlaskan terhadap apa yang selama ini menjadi ganjalan di hati. Dengan demikian terjalin silaturahmi yang hangat dan tulus," tambahnya.(nanang/sidik)
---------