Berita

Universitas Suryakancana

UNSUR JADI PANITIA TES AKADEMIK 140 BAKAL CALON KADES

JAGA TES: Tim keamanan pelaksanaan Tes Akademik calon kepala desa saat bertugas di Unsur Cianjur.(dok)

UNSUR.ac.id-Fakultas Hukum Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur jadi panitia tes akademik penjaringan calon kepala desa di Kabupaten Cianjur. Penjaringan ini bagi desa yang memiliki lebih dari lima kandidat calon kades.

Tercatat ada 140 bakal calon kepala desa dari 19 desa dan 19 kecamatan di Kabupaten Cianjur mengikuti tes akademik kali ini. Tes kali ini merupakan salah satu tahapan yang harus diikuti bakal calon kepala desa.

Tes berisikan 50 soal dengan 13 model diantaranya pemerintahan desa, aktual, berkaitan dengan Cianjur dan tentang pemerintahan daerah.

Dekan FH Unsur Cianjur Prof Dr Hj Henny Nuraeni, SH, MH mengatakan, pihaknya bersyukur jika FH Unsur masih diberikan kepercayaan untuk menyelenggarakan tes akademik bagi calon kepala desa di Kabupaten Cianjur. 

"Pengisian, pemeriksaan, penghitungan, tabulasi, berita acara dan penyerahan dalam satu tempat, tidak boleh dibawa keluar. Dikhawatirkan ada potensi penyelewengan, sehingga semua pihak yang berkaitan sudah mengetahui hasil tes," kata Henny didampingi Humas Panitia Tes Akademik Unsur Cianjur, Dr H Dedi Mulyadi, SH, MH.

Menurutnya, teknis pelaksanaan sesuai dengan perbup yang ada, sehingga ruang gerak panitia dibatasi. Juga merujuk pada Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 dan UU Nomor 23 Tahun 2014. "Ada 50 soal dengan 13 model soal, dalam satu ruangan berbeda-beda soal secara acak yang diambil oleh setiap kandidat, dalam Perbup nilai tertinggi 20 poin," ujarnya.

(tim/net)